Kamis, 11 Juli 2013

Photo Kegiatan Tim Al-Fudhola Blok F Graha Prima

Nabi Ibrahim AS.

Nabi Ibrahim merupakan salah satu Nabi yang kisahnya banyak diceritakan dalam Al-Quran. Mulai dari bagaimana Nabi Ibrahim menemukan Tuhan, melawan kedzaliman Raja Namrud, hingga kisahnya dengan kedua anaknya yakni Ismail dan Ishaq.

Nabi Ibrahim juga memiliki mukjizat antara lain:

- Tetap hidup meski dibakar dengan api.

Ini terjadi setelah Nabi Ibrahim menghancurkan berhala dan tak ingin mengakui Raja Namrud sebagai Tuhan. Meski dihukum dengan dibakar hidup-hidup, namun Allah membuat api tersebut dingin dan menyelamatkan Nabi Ibrahim.

- Menyaksikan burung dihidupkan kembali.

Ibrahim pernah meminta pada Allah untuk menyaksikan bagaimana cara Allah menghidupkan kembali makhluk yang sudah mati. Maka saat itu pula Nabi melihat burung yang sudah mati bisa hidup kembali.

- Mengubah pasir menjadi makanan.

Menurut kitab "Qashash al Anbiyaa", Nabi Ibrahim pernah mengambil gudukan pasir yang kemudian berubah menjadi bahan makanan saat beliau sampai di rumah.

- Memiliki anak saat usia 99 tahun.

Nabi Ibrahim sudah lama menantikan hadirnya anak. Di usianya yang tak lagi muda, Allah menjawab segala doanya dengan kelahiran Ismail dan Ishaq. Kedua putranya juga menjadi Nabi dan menurunkan keturunan yang juga menjadi Nabi. Karena itulah, Nabi Ibrahim dijuluki sebagai Abul Anbiyaa yang berarti Bapak Para Nabi.

Nabi Ismail.

Nabi Ismail merupakan anak Nabi Ibrahim dan istrinya Hajar. Salah satu mukjizat Nabi Ismail pun masih bisa kita lihat hingga sekarang, yakni air zamzam.

Nabi Ismail juga sempat menerima perintah Allah untuk disembelih oleh ayahnya sendiri. Namun ketika Nabi Ibrahim menghunuskan benda tajam untuk menyembelihnya, Allah menggantikan Nabi Ismail dengan kambing.

Peristiwa itulah yang pada akhirnya menjadi awal mula qurban pada Hari Raya Idul Adha. Dari keturunan Nabi Ismail kelak Nabi Muhammad lahir sebagai Nabi terakhir.

Dengan berqurban wujud Ketaqwaan kepada Allah SWT.

sumber: kajian ta'lim mingguan dan mudzakaroh












































































































Tidak ada komentar:

Posting Komentar